MEMENUHI asupan vitamin-vitamin dan mineral serta enzim yang diperlukan tubuh tidak harus dengan mengonsumsi makanan mahal. Anda bisa mencoba taoge. Mengonsumsi makanan satu ini merupakan cara paling murah dan paling aman untuk mendapatkan semua nutrisi yang terdapat dalam buah-buahan dan sayuran. Studi-studi bahkan menemukan, taoge mempunyai kandungan nutrisi yang jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan bijinya.

Mengapa? Menurut para peneliti, dalam proses perubahan menjadi kecambah terjadi peningkatan kadar vitamin dan mineral diikuti dengan penurunan jumlah kalori dan kandungan karbohidrat. Perbandingan ini didasarkan pada jumlah air pada makanan yang diukur. Kecambah mempunyai kandungan air 10 kali lipat lebih banyak dibandingkan biji kecambah kering (kacang hijau รข€“ red).

Studi yang membandingan kacang hijau dengan kecambah menemukan, jumlah kalori menurun hingga 15%, total karbohidrat menurun 15%, protein meningkat 30%, kandungan kalium meningkat 80%, sodium meningkat 690%, kandungan besi meningkat 40%, fosfor meningkat 56%, vitamin A meningkat 285%, vitamin B1 meningkat 208%, vitaminB2 meningkat 515%, vitamin B3 meningkat 256%. Selain itu, kandungan vitamin C juga mengalami peningkatan yang signifikan.

Peningkatan jumlah protein yang signifikan ini, menurut peneliti, merupakan pertanda adanya peningkatan jumlah nutrisi makanan saat menjadi kecambah. Dan pengurangan jumlah karbohidrat yang berlangsung terus-menerus mengindikasikan kalau banyak molekul karbohidrat yang pecah selama proses perubahan menjadi kecambah. Hal ini memungkinkan penyerapan nitrogen dan pembentukan asam amino. Dan protein yang dihasilkan, terang peneliti, merupakan jenis protein yang paling mudah dicerna dibandingkan semua jenis protein lain yang terdapat pada makanan.

Selain itu, taoge juga menyediakan nutrisi yang telah diproses oleh enzim-enzim sehingga mudah dicerna. Selama proses perubahan menjadi kecambah, sebagian besar kandungan tepung di dalamnya dipecah menjadi gula sederhana seperti glukosa dan sukrosa oleh enzim amilase. Protein diubah menjadi asam amino dan amides. Lemak-lemak dan minyak diubah menjadi asam lemak yang jauh lebih sederhana oleh enzim lipase.

Selama proses ini, kacang hijau juga kehilangan kemampuan mereka memproduksi gas penyebab perut kembung. Berdasarkan hasil studi, oligosaccharides penyebab gas pada keacang hijau menurun hingga 90% pada taoge. Selain itu, taoge juga kaya serat dan air sehingga sangat membantu mengatasi masalah konstipasi.

Anda tertarik menambah asupan taoge? Tentu tidak ada salahnya. Di samping kandungan nutrisinya yang berlimpah, makanan satu ini juga terbebas dari kontaminasi berbagai pestisida seperti yang banyak terdapat pada buah dan sayur lain.

(OL-08)


Posted by deKa i djakarta Wednesday, November 11, 2009

1 Responses to Tauge, Kaya Serat Kaya Nutrisi

  1. bro blogmu terlalu berat.. ukurane 155 kb!
    widgete dikurangi bae...

    http://indocomics.blogspot.com

     

Post a Comment