JAKARTA, Dari 357 anggota DPR RI yang ikut menandatangani usulan hak angket Bank Century, ternyata tak ada satu pun nama anggota Fraksi Partai Demokrat. Hal ini terungkap saat Tim 9 inisiator pengusul hak angket menyerahkan data terkini mengenai nama-nama para pengusul kepada Wakil Ketua DPR Anis Matta, Senin (30/11) di Gedung DPR.

Dari data yang diserahkan, penambahan pengusul terdiri dari Fraksi PAN yang bertambah 24 orang, F-PPP 26 orang, F-PKS tambah 17, Golkar 49, dan Fraksi PDI Perjuangan bertambah menjadi 90 orang. Nama-nama pengusul diserahkan kepada Wakil Ketua DPR Anis Matta oleh politisi asal PPP, Kurdi Moekri.

"Jadi kalau dikatakan usulan ini hanya keinginan segelintir orang, ternyata tidak. Saat ini yang ikut tanda tangan sudah mayoritas," kata salah satu pengusul hak angket Century, Maruarar Sirait.

Wakil Ketua DPR Anis Matta kemudian enggan berkomentar banyak terkait belum adanya data anggota Fraksi Partai Demokrat (Fraksi PD) yang diserahkan sebagai pengusul hak angket. Padahal beberapa waktu lalu, Ketua Fraksi PD Anas Urbaningrum menyatakan bahwa semua anggota fraksinya mendukung usulan hal angket Century setelah Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) menyerahkan hasil audit investigasi ke DPR.

"Nama-nama ini akan kita proses, kita sampaikan pada sidang paripurna. Kalau belum ada (anggota Fraksi Partai Demokrat) yang tanda tangan, itu urusan internal," kata Anis.

Anis yakin, Ketua DPR Marzuki Alie yang tak lain adalah salah seorang anggota Fraksi PD adalah salah satu pengusul hak angket DPR.

"Beliau juga sudah mengatakan di Bamus, ikut tanda tangan. Beliau mengatakan akan tanda tangan," ujarnya.


Editor: msh
Sumber : Persda Network

Posted by deKa i djakarta Monday, November 30, 2009

0 comments

Post a Comment