Lumajang - Salah satu pendaki yang mengikuti napak tilas mengenang Soe Hok Gie yang meninggal di Gunung Semeru, ditemukan tewas. Korban bernama Mu'amar Hanafi (22) ditemukan tewas saat di base camp Ranu Kumbolo.

Korban yang berstatus mahasiswa ini bertempat tinggal Desa Padomasan, Jember ditemukan tewas pukul 04.00 WIB, Kamis (17/12/2009) oleh rekannya.

"Ya benar, ada pendaki yang tewas saat mengikuti napak tilas ke Gunung Semeru. Kematian diduga kedinginan atau hipotermi dan dehidrasi," kata Kapolsek Senduro, AKP Enu Sasmonang kepada detiksurabaya.com saat dihubungi.

Dia menjelaskan, jenazah saat ini sedang dievakuasi dan akan menuju ke RSU dr Haryoto Lumajang untuk dimintakan visum. Sebelumnya korban dinyatakan sehat dan diperbolehkan mengikuti napak tilas SOE HOK GIE dari Desa Ranupane ke Ranu Kumbolo. Dia merupakan aktivis Indonesia ini meninggal di Puncak Mahameru akibat menghisap asap beracun.

Dari pantauan detiksurabaya.com, tewasnya pendaki ini menjadi perhatian Polres Lumajang. Wakapolres Lumajang Kompol M Ghufron dan pihak RS sedang menunggu jenazah di kamar mayat.

Jenazah korban tiba di kamar mayat RSU dr Haryoto Lumajang sekitar pukul 14.10 WIB. Salah satu temannya yang berada di kamar mayat, Faruk (25) mengaku korban sebelumnya tidak mengeluh sakit. Namun korban memiliki riwayat epilepsi.

"Dia tidak mengeluh sakit sama sekali sebelum meninggal," tambahnya.

Sebelumnya, 600 pendaki dari berbagai daerah ikut dalam kegiatan napak tilas mengenang Soe Hok Gie yang meninggal di Gunung Semeru. Soe Hok Gie, mahasiswa Fakultas Sastra Universitas Indonesia Jurusan Sejarah tahun 1962-1969 meninggal di Gunung Semeru tahun 1969, tepat tiga hari sebelum ulang tahunnya yang ke-27 akibat menghirup asap beracun di gunung tersebut.

Dia meninggal bersama rekannya, Idhan Dhanvantari Lubis. Sementara untuk memantau dan mengawal acara napak tilas ini, Tim SAR Kabupaten Lumajang mengirimkan 5 personelnya.


(fat/fat)

Posted by deKa i djakarta Thursday, December 17, 2009

1 Responses to Satu Pendaki Tewas Saat Ikuti Napak Tilas Soe Hok Gie

  1. Unknown Says:
  2. gokil...rencana gw mo ksitu February ni......jd deg2 kan jg,...

     

Post a Comment